Srikandi BUMN Mendorong Pemberdayaan Perempuan di Lingkup Bisnis Melalui Keikutsertaan BUMN dalam Women Empowerment Principles (WEPs) Awards

Sumber Foto : Dokumentasi Srikandi BUMN

Jumat, 09 Juli 2021 – Walaupun berbagai upaya telah dilakukan, pemberdayaan perempuan di Indonesia masih membutuhkan banyak perhatian dan dukungan, terutama kesetaraan gender di lingkup bisnis.

Dalam upaya untuk mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, Srikandi BUMN bekerja sama dengan UN Women Indonesia melalui keikutsertaan BUMN dalam Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards di tingkat global.

Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng BUMN yang membidangi fungsi Corporate Social Responsibility (CSR)  beserta mitra-mitra Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) binaan BUMN.

Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh UN Women dalam rangka mengidentifikasi perusahaan yang telah melakukan aksi nyata untuk kesetaraan gender dan mendorong penerapan praktik pemberdayaan perempuan di ranah bisnis guna meningkatkan kualitas pemberdayaan yang telah dilakukan.

Terdapat tujuh topik yang menjadi pembahasan dalam Women’s Empowerment Principles (WEPs) yakni: Gender Equality Corporate Leadership, Gender Equality in Workplace, Employee Health and Safety, Education and Training for Women, Enterprise Supply and Chain Development, Equality Through Community Advocacy, dan Measurement and Reporting.

Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards akan dilakukan dalam dua bagian, yang pertama di tingkat regional yakni dalam lingkup satu negara (China, India, Filipina, Thailand, Indonesia, Malaysia dan Vietnam) kemudian yang kedua dilakukan di tingkat Asia Pasifik.

Kegiatan WEPs Awards dimulai dengan proses pendaftaran peserta yang akan ditutup pada tanggal 31 Juli. Seleksi lanjutan akan dilaksanakan pada Agustus dan September. Sementara itu acara penganugrahan pemenang di tingkat regional Indonesia akan diumumkan pada Oktober dan acara puncak di tingkat Asia Pasifik digelar pada 18 November 2021.

Terdapat beberapa kategori yang diselenggarakan dalam Women’s Empowerment Principles (WEPs) Award yakni: Community Engagement and Partnership, Leadership Commitment, Gender Inclusive Workspace, Gender Responsive Marketplace, Transparency and Reporting, Usaha Kecil Menengah Juara dan Women Youth Leadership.

UN Women Indonesia mengajak perusahaan baik BUMN maupun mitra-mitra UMKM binaan BUMN untuk mengikuti kegiatan penghargaan ini serta berharap penghargaan tersebut dapat menjadi dorongan bagi perusahaan untuk dapat terus berkarya serta mengimplementasikan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Untuk mendukung kesuksesan acara tersebut, Srikandi BUMN menggelar sesi informasi khusus secara virtual melalui Microsoft Teams yang dibuka oleh Ketua IV Bidang Komunikasi dan Kerjasama Srikandi BUMN Emma Sri Martini, yang mewakili Ketua Srikandi BUMN.

Dalam sambutannya Emma mengatakan bahwa kegiatan Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards pada edisi kali ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk berbagi kisah sukses dan perjuangan sehingga setiap pihak dapat saling memberdayakan satu sama lain.

Kegiatan pemberdayaan perempuan dalam upaya mendorong kesetaraan gender khususnya di ranah bisnis menjadi hal yang akan terus didukung oleh Srikandi BUMN.

Ikuti berita-berita Srikandi BUMN untuk mendapatkan informasi terkini tentang kami melalui media sosial

Website: www.srikandibumn.org

Instagram: srikandi.bumnindonesia

Twitter: @srikandibumn

Youtube: Srikandi BUMN

Hubungi Kami : Sekretariat FHCI dan Srikandi BUMN Gedung Plaza Mandiri Lt 28

Tinggalkan Balasan

%d